Rabu, 03 Maret 2010

All About Skill Drain!



"Pay 1000 Life Points. As long as this card remains face-up on the field, negate the effects of all face-up Effect Monsters on the field"

Inilah satu kartu Continous Trap yang lumayan terkenal di kalangan duelist. Mengapa saya membahas tentang kartu ini? Karena banyak yang salah kaprah mengenai effect dari kartu ini. Mau tahu apa aja? Check aja fakta-fakta di bawah ini!!

Pertama, dengan membayar 1000 LP, kamu bisa mematikan semua effect monster yang sedang face-up baik itu sebelum atau sesudah Skill Drain aktif. Jadi misalkan kamu punya BeastKing Barbaros dengan attack 1900 di field dan face-up, kemudian skill drain diaktifkan maka attacknya berubah menjadi 3000.

Bagaimana dengan Jinzo? Banyak yang bertanya gimana kalo Jinzo VS Skill drain, yang mana yang menang? Jawabannya tergantung, bro. Kalo skill Drain yang muncul duluan, Skill Drain menang dan Jinzo kehilangan effect. Kalo jinzo duluan yang keluar, berarti Skill Drain gak bisa aktif. Begitu juga dengan E-Hero Wildheart atau sejenisnya.

Effect skill Drain hanya sebatas di field saja. Jadi graveyard, Hand, dan kartu yang removed dari field tidak bisa dijangkau effect trap ini. Sebagai contoh adalah Giant Rat yang sudah hancur karena battle, effectnya masih bisa berjalan karena effect-nya berjalan di kuburan(graveyard). Begitu juga The Tricky, Tragodiea, Judgement Dragon, Cyber Dragon, dll masih bisa special summon dari tangan. Tapi effect ketika berada di field akan ditangkal Skill Drain.

Walaupun effect skill drain adalah me-negate effect monster di field, tapi effect masih bisa diaktifkan dan cost masih berlaku. Misalnya seperti Judgement Dragon special summon, ada Skill Drain di arena, Judgement Dragon active effect: mbayar 1000 masih berlaku, tapi effect tidak jalan. Beda cerita dengan Stardust Dragon, menurut teori apabila Stardust Dragon effect aktif, cost-nya dikirim ke kuburan dan efeknya aktif. Namun, skill Drain gak bisa menjangkau Stardust jadi efeknya berlaku. Sakti 'kan?

Terakhir kesalahan yang pernah saya lihat: Kalo Skill Drain aktif, Monster Effect jadi Normal Monster. Ini jelas SESAT saudaraku sekalian!! SESATT!!! Jadi monster efek tetap treated as Effect Monster.

Oh ya, satu lagi tentang Skill Drain dan Effect yang berlaku ketika summon (spt Monarch). Jika monster ketika di-summon hancur(ct:traphole,B.traphole) dan efeknya priority serta skill drain di arena, maka efeknya bisa berlaku. Soalnya monsternya keburu mati dan dikirim ke kuburan sehingga aktif di kuburan. Lain ceritanya kalo monsternya gak hancur, effect bisa dinegate.

Mungkin segitu saja ilmu saya tentang Skill Drain, mengenai tulisan tentang kartu lain bisa menunggu postingan selanjutnya. Mau menyanggah pendapat saya? Silakan saja komen di bawah ini! Tenang saja, saya orangnya terbuka kok. Sampai ketemu di lain postingan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar