Selasa, 23 Maret 2010

Deck Building Tips

Seorang teman duelist satu sekolah pernah mencoba membuat deck. Decknya dibuat dengan tema "Fairy" dengan menggabungkan monster type fairy dengan Cloudian. Combo yang dihasilkan lumayan, tapi cukup lama keluarnya. Pasalnya decknya terdiri dari 50-an kartu. Alhasil kartu yang ditariknya tidak seperti yang diharapkan. Nah, itu salah satu contoh deck building yang salah.

Melihat dari pengalaman dan hasil dari mengamati para duelist pro, saya merangkum beberapa tips untuk membangun sebuah deck yang kuat, tips tersebut antara lain:

1. Rule number one: sebisa mungkin deck tidak melebihi 40 kartu! Ini benar dan dibenarkan oleh para duelist pro. Saya mengamati duelist-duelist yang kuat decknya tidak lebih dari 40 kartu. Dengan 40 kartu, kombo akan mudah keluar dan kalau sedang kepepet anda bahkan bisa melakukan destiny draw (kemungkinannya lebih besar).

2. Apabila tidak mencukupi 40 kartu, masukkan dalam side deck! Ingat, side deck berguna untuk counter kalau anda kalah dalam duel pertama Match, dan bisa juga digunakan untuk strategi lain dalam deck. Misal deck strategi bertahan dengan side deck untuk strategi menyerang.

3. Gunakan tema dalam deck. Misalnya tema Gladiator Beast, Vanilla, Lightsworn, Mist Valley, dll. Bisa juga dengan multitype seperti SaberSworn atau GladiatorSworn asal kombinasi tersebut bersinergi dan selaras menghasilkan kombo maut.

4. Perbandingan Monster : Reverse Card adalah 50 : 50.

5. Kalau bisa, rancang kombo sekejam mungkin pada musuh. Misalnya musuh nggak bisa Special Summon, menghancurkan seluruh monster musuh, dll.

6. Kalau deck memungkinkan terjadinya Bad Draw, gunakan Reload atau kartu yang bisa memulihkan kondisi kartu di tangan.

7. Gunakan pula Kartu Searcher seperti Pyramid Turtle, Sangan, dll agar kombo cepat keluar (menghemat waktu)

8. Gunakan kartu fake untuk menjajal deck yang baru anda buat, coba seluruh deck musuh dan catat kelemahan deck sendiri.

Itulah tips-tips deck building dari saya. Sekarang tergantung imajinasi anda untuk membuat deck asli racikan sendiri. Dan ingat kata-kata bijak seorang Duelist ini : "Deck yang terhebat adalah deck yang dibuat oleh diri sendiri". Selamat mencoba!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar